Home » Sejarah Direktorat Penjaminan Mutu Widyatama (PMW)

Sejarah Direktorat Penjaminan Mutu Widyatama (PMW)

Universitas Widyatama membentuk suatu Lembaga khusus dengan nama Pusat Pengendali Mutu Widyatama (disingkat dengan Pusat PMW), dimana Pusat PMW ini berfungsi sebagai Management Refresentatif (MR) Universitas Widyatama dan memenuhi tuntutan atau salah satu persyaratan ISO 9001. Legalitas Pusat PMW masuk dalam bagian Struktural Administratif melalui Surat Keputusan Yayasan Widyatama Nomor : 198 / SK / G.02.01 / B.Peng / 2001 Tentang Struktur Organisasi Universitas Widyatama dan kini telah diperbaharui dengan Surat Keputusan Yayasan Widyatama Nomor : 350 / SK / D.01 / B.Peng / 2018.

Direktorat Penjaminan Mutu Widyatama (PMW) merupakan unsur pelaksana Universitas yang membantu Pimpinan Universitas dalam melakukan penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dipimpin oleh seorang Direktur. Direktorat Penjaminan Mutu Widyatama (PMW) mempunyai tugas menyelenggarakan proses penjaminan mutu terhadap penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; layanan kepakaran beserta sumber daya yang digunakan dalam upaya mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan, serta menjamin perbaikan terus menerus pelaksanaan dan capaian program dan kegiatan pendidikan. Saat ini Direktorat Penjaminan Mutu Widyatama (PMW) juga menjadi salah satu penanggung jawab dalam proses perancangan Borang Akreditasi Program Studi maupun Institusi, dimana dalam proses tersebut dipimpin oleh Direktur Penjaminan Mutu Widyatama (PMW).

Direktorat Penjaminan Mutu Widyatama (PMW) terdiri atas 1 (satu) Pimpinan Direktur Penjaminan Mutu Widyatama dengan membawahi beberapa Kepala Bagian, yaitu ;

  1. Kepala Bagian Sistem Mutu

Bertugas untuk menyusun dan mengembangkan sistem dan aturan penjaminan mutu dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Eksternal (SPME), Kebijakan Mutu, Manual Mutu dan Standar Mutu Widyatama untuk mencapai target / sasasaran Institusi yang berkualitas.

  1. Kepala Bagian Akreditasi

Bertugas untuk mempersiapkan audit Internal dan Eksternal khususnya Proses Penilaian Akreditasi Nasional maupun Internasional, yang terkoordinasi dengan program-program studi dan Institusi.

  1. Kepala Bagian Data dan Informasi

Bertugas mengelola, memberikan layanan data dan informasi terkait audit, akreditasi dan penjaminan mutu, serta melaksanakan kegiatan administrasi Penjaminan Mutu Widyatama.