Home » ISO 9001:2015

ISO 9001:2015

Universitas Widyatama merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Indonesia yang mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001 : 2015

Universitas Widyatama telah melakukan upgrade ISO 9001:2008 menjadi penerapan ISO 9001:2015 pada Juni 2018. Hasil audit mengenai Layanan Pendidikan Tinggi meliputi semua Proses Pendidikan yang Relevan, Proses Manajemen, Proses Realisasi Pembelajaran dan Pengajaran, Proses Evaluasi, Penyediaan dan Manajemen Sumber Daya, Termasuk Desain Kurikulum, dimana bukti telah dilengkapi dengan audit yang memenuhi persyaratan ISO 9001:2015. Berdasarkan hasil audit yang kembali dilakukan pada Oktober 2021, Universitas WIdyatama berhak memperoleh perpanjangan ISO 9001:2015 di atas hingga tahun  2025, dengan Nomor Sertifikat: 01-100-023781.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta terkemuka di Bandung yang mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2015, Universitas Widyatama telah mampu menunjukkan kemampuan secara konsisten menghasilkan produk jasa pendidikan, dimana kompetensi yang ada dalam diri lulusan telah memenuhi kebutuhan pelanggannya dan persyaratan hukum yang berlaku. Penerapan ISO 9001:2015 mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggan dan stakeholder yaitu para mahasiswa selaku peserta didik melalui penerapan sistem layanan yang efisien dan efektif dalam peningkatan proses yang berkelanjutan pada semua bagian terkait di Universitas Widyatama. Selain itu, Universitas Widyatama mendapat kepercayaan sebagai Perguruan Tinggi percontohan dalam penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka se-Jawa Barat oleh LLDikti Wilayah IV.

Efektivitas sistem manajemen diverifikasi di lokasi dengan cara pengambilan sampel acak oleh tim audit yang dipilih dengan tepat. Ini berlaku khususnya untuk kepatuhan alur kerja dengan persyaratan standar dan deskripsi dalam dokumentasi sistem manajemen. Fitur khusus dari kegiatan bisnis organisasi, persyaratan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan persyaratan yang ditetapkan dalam dokumen lain yang berlaku umum juga diperhitungkan. Manajemen puncak meninjau sistem manajemen mutu organisasi secara berkala dan sesuai dengan persyaratan untuk memastikan kesesuaian, kecukupan, dan efektivitasnya yang berkelanjutan. Tinjauan manajemen Universitas Widyatama dilakukan sesuai dengan persyaratan dan efektif.